Rabu, 31 Maret 2010

SUDAH SAATNYA KITA HIDUP BERSIH

Sampah, inilah yang selalu menjadi bayang-bayang kita semua. Memang masalah ini kelihatannya sepele tapi sekarang menjadi salah satu masalah yang besar di Negeri Ibu Pertiwi ini. Banyak efek negatif yang telah ditimbulkan. Yang sering dirasakan masyarakat Indonesia adalah banjir. Pada musim hujan, banjir selalu melanda di Indonesia. Mulai dari kota terpencil hingga kota-kota besar seperti jakarta. Kita ingat beberapa tahun lalu ketika Ibu Kota dilanda banjir. Aktifitas masyarakat pun menjadi terhambat. Apabila biasanya perjalanan ke kantor hanya menempuh selama 1 jam. Tapi ketika keadaan banjir perjalanan menjadi 2 jam bahkan lebih. Kemacetan yang selalu di alami masyarakat Jakarta menjadi 2 kali lipat dari biasanya. Bahkan ada yang rugi bukan hanya waktu tapi juga rugi secara materi, tenaga dan pemikiran.

CARA-CARA MENANGGULANGINYA

Sebenarnnya ini bukan hanya salah pemerintah saja, tetapi juga salah kita semua sebagai masyarakat Indonesia. Karena kurangnya kesadaran terhadap kebersihan. Jadi mulai sekarang kita membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya dimanapun dan kapanpun. Dan bedakan antara sampah kering dengan sampah basah. Supaya mudah untuk memilih mana sampah yang masih bisa di daur ulang dengan yang tidak bisa di daur ulang.
Para orang tua juga harus mendidik anak-anaknya untuk menjaga kebersihan. Mungkin di beri penjelasan mengapa sampah harus di buang pada tempatnya dan di beri contoh untuk membuang sampah pada tempatnya setiap waktu. Peran pemerintah juga di butuhkan di dalam masyarakat. Karena pemerintah adalah yang mengatur rakyat supaya negara ini bersih, aman dan tentram.
Jadi pemerintah di sini harus membuat program-program yang bisa memotivasi masyarakatnya menjaga kebersihan.
MANFAAT HIDUP BERSIH

Apabila kita sudah melaksanakan cara-cara tersebut dan pemerintah juga ikut mendukungnya, kita akan mendapatkan manfaatnya. Di antaranya:
 Belajar dan mengerjakan tugas kantor/sekolah akan merasa nyaman dan fokus
 Istirahat akan terasa nyaman
 Hemat biaya karena motor/mobilnya tidak mogok dan jarang ke bengkel
 Perjalanan ke kantor maupun sekolah tidak terhambat
 Bebas dari penyakit
 Kota-kota menjadi indah
 Banyak wisatawan asing yang berkunjung ke negara kita
 Pendapatan negara menjadi lebih banyak karena banyaknya wisatawan asing yang datang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar