Rabu, 31 Maret 2010

DAMPAK TAYANGAN TELEVISI DI INDONESIA

Televisi sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan. Setiap rumah pasti ada televisi. Entah itu orang yang berekonomi menengah ke bawah maupun ekonomi ke atas. Berbagai ragam tayangan yang disugukan untuk rakyat. Mulai suguhan untuk anak-anak hingga dewasa. Tapi apakah semuanya membawa manfaat?Inilah salah satu pertanyaan yang harus diketahui jawabannya. Contoh Film kartun yang selalu menghibur anak-anak. Contoh salah satu film kartun dari jepang yang ditayangkan di televisi” musang dan gadis cilik”. Film tersebut menceritakan seekor musang mempunyai kekutan sihir dan membantu si gadis dalam kesusahan. Sang musang mampu mewujudkan keinginan si gadis dalam waktu sesingkat mungkin. Walaupun permintaan si gadis terkadang tampak mustahil untuk diwujudkan di dunia nyata. Dan masih banyak lagi film kartun-kartun yang lainnya. Memang film tersebut bagus dan menghibur anak-anak. Tetapi juga ada dampak psikologis yang di munculkan oleh sang anak tersebut. Apabila sang anak mengalami hambatan/masalah dalam menjalani hidup. Mereka cenderung pasrah dan berharap keajaiban akan datang. Seperti film yang dia lihat sehari-hari. Karena film merupakan salah satu faktor yang memmpengaruhi pertumbuhan pada anak-anak.
Bukan hanya film kartun yang membawa dampak negatif. Tapi film untuk remaja juga. Banyak film remaja yang sekarang dipertontonkan banyak mengandung percintaan, hidup bermewah-mewahan, hura-hura dll. Ini menjadikan para remaja kita lebih mementingkan hidup bersenang-senang daripada belajar untuk menjadi lebih maju. Bahkan beberapa dari mereka yang ingin maju, cenderung dikucilkan dan dianggap rendah di mata lingkungannya. Bila semua ini diteruskan, maka para remaja di Indonesia secara kualitas tidak akan bisa maju. Padahal mereka adalah generasi penerus bangsa. Apabila generasi penerus bangsa tersebut secara kualitas rendah, berarti bangsa kita kedepannya selalu tertinggal dengan negara-negara lain. Logikanya para remaja inikan adalah salah satu SDM penerus bangsa. Apabila SDMnya secara kualitas rendah bukan tidak mungkin lagi bangsa kita juga akan berkualitas rendah.
Tetapi tidak semua tayangan televisi berdampak negatif. Ada juga tayangan televisi yang berdampak positif. Seperti berita, pengetahuan tentang ikan, tumbuhan dan lain-lain. Oleh dari itu kita harus pintar-pintar dalam memilih tayangan televisi. Karena setiap program pasti ada dampak positif dan negatifnya. Jadi pilihlah program yang mempunyai dampak positif yang baik untuk kita semua. Dan bukan penyesalan diakhir kelak.
SEMOGA INFORMASI TERSEBUT BERMANFAAT UNTUK ANDA!!!!!!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar